Emas & Merah Ala Dekorasi Gedung Pernikahan Adat Minang

Dekorasi Gedung Pernikahan Adat Minang

Dekorasi gedung pernikahan tak melulu harus mengambil tema-tema modern saja, beberapa dekorasi bisa diambil dari kebudayaan tempat asal kedua mempelai, atau salah satunya. Indonesia memiliki begitu banyak kebudayaan dan gaya dalam dekorasi pernikahan, seperti pernikahan adat Sumatera Barat yang selalu tampak cantik dengan dekorasinya yang mewah.

Baca Juga : Wedding Organizer Jogja & Paket Pernikahan Jogja

Apa saja sih yang menjadi daya tarik dari dekorasi pernikahan adat Minang?

  1. Dekorasi Gedung Pernikahan Warna Emas dan Merah Dimana-mana

Dekorasi pernikahan adat Minang selalu identik dengan warna emas yang dominan dipadu dengan warna merah menyala. Ini tentu saja memiliki hubungan dengan warna kebesaran masyarakat Minang tentang warna emas/kuning yang berarti keagungan dan warna merah yang berarti keberanian. Warna-warna ini kemudian menjadi ciri khas yang harus selalu ditampilkan pada dekorasi pernikahan adat Minang. Dekorasi semacam ini tentu saja memunculkan kesan mewah dan megah dalam setiap perhelatan acara berbudaya Minang. Bahkan untuk bunga pun dipilih bunga-bunga berwarna kuning atau merah agar sesuai dengan warna dominannya. Untuk menyeimbangkan suasana agar tidak terlalu terang ditambahkan pula daun-daunan hijau sebagai hiasan dekorasi pernikahan.

  1. Dekorasi Gedung Pernikahan Dengan Miniatur Rumah Adat di Pelaminan

Dalam dekorasi pernikahan adat Minang yang hampir selalu ada adalah miniatur rumah adat Sumatera Barat. Bentuknya mungkin bisa berbeda-beda, namun miniatur rumah yang menaungi pelaminan tidak pernah absen sebagai dekorasi utama. Materialnya juga selalu dipilih menggunakan warna emas atau merah terang sesuai dengan warna dekorasi utama. Miniatur rumah ini tentu saja menjadi hal yang menarik perhatian para tamu undangan, mungkin tanpa kehadirannya pesta pernikahan malah akan terasa sepi. Keindahan suatu pesta terletak pada indahnya bentuk minatur rumah sebagai dekorasi pernikahan.

  1. Dekorasi Gedung Pernikahan Dengan Ukiran Khas dan Kain Motif Khas Sumatera Barat

Selain miniatur rumah, dalam dekorasi pernikahan adat Minang selalu ditonjolkan bentuk-bentuk ukiran dan motif kain khas Sumatera Barat. Pada miniatur rumah adat biasanya akan dilapisi kain bermotif Sumatera dengan warna merah dan emas. Atau kain-kain tersebut dibentangkan sebagai latar belakang pada pelaminan. Selain mempercantik pelaminan, kain-kain ini seolah menjadi penegas bahwa dekorasi pernikahan merupakan dekorasi adat Minang.

Dekorasi pernikahan adat Minang memang selalu menarik untuk dilihat, apalagi dengan dekorasi yang selalu total mengangkat budaya Sumatera Barat. Tiga hal yang menjadi ciri khas dalam pernikahan adat Minang ini semoga menjadi bahan inspirasi untuk dekorasi pernikahan.

Sumber: thebridedept(dot)com

Baca Juga :

Leave a Reply

Thanks!

TELEPON SEKARANG - 0858 7876 2060